Minggu, 23 Agustus 2020

BIOLOGI LINTAS MINAT XI, PERKEMBANGBIAKAN VIRUS

 

Perkembangbiakan Virus

Proses reproduksi virus terdiri dari lima tahap, yaitu adsorbsi, penetrasi, sintesis (eklifase), pematangan dan lisis. Berikut akan dibahas tentang cara replikasi virus yang terdiri atas lima tahap yaitu : Tahap adsorbsi Tahap penetrasi Tahap sintesis Tahap pematangan Tahap lisis

Berikut akan dibahas tentang cara replikasi virus yang terdiri atas lima tahap yaitu : 
1. Tahap adsorbsi 
2. Tahap penetrasi 
3. Tahap sintesis 
4. Tahap pematangan 
5. Tahap lisis

Perkembangbiakan virus dikenal dengan istilah replikasi atau perbanyakan diri. Bagi virus, sel inang merupakan sumber energi untuk sintesis protein. Perkembangbiakan virus dibagi menjadi dua, yaitu daur litik dan lisogenik.

1. Daur litik

Terjadinya daur litik disebabkan oleh ketahanan sel inang lebih lemah daripada daya infeksi virus. Akibatnya sel inang akan pecah dan mati, serta akan menghasilkan virion-virion baru. Adapun tahapan pada daur litik adalah adsorpsi, penetrasi, sintesis dan replikasi, pematangan atau perakitan, dan lisis.

2. Daur lisogenik

Daur lisogenik terjadi jika pertahanan tubuh inang lebih kuat daripada daya infeksi virus. Pada daur ini sel inang masih bisa bereproduksi dengan normal dan tidak akan langsung pecah. Akan tetapi, DNA virus bakteriofag akan berinteraksi dengan kromosom sel inang membentuk profag. Saat sel inang yang mengandung profag tersebut membelah diri, barulah profag akan diwariskan ke sel berikutnya. Adapun tahapan pada daur lisogenik adalah adsorpsi dan infeksi, pemetrasi, penggabungan, pembelahan, sintesis. Untuk memahami lebih lanjut, silakan Quipperian simak gambar berikut ini.


Dibaca dulu baru ABSEN 



TUGAS
SILAHKAN KALIAN CARI LITERASI TENTANG PERKEMBANGBIAKAN VIRUS CORONA.

0 komentar:

Posting Komentar