Minggu, 02 Agustus 2020

BIOLOGI KELAS XI IPA STRUKTUR DAN FUNGSI SEL

Perhatikan organel -organel sel eukariotik berikut !

Struktur dan Fungsi Sel

Bagian yang pertama disebut dengan retikulum endoplasma. Selanjutnya, disingkat dengan RE aja, ya. Retikulum endoplasma ini ada 2 jenis, yaitu RE kasar dan RE halus. Bedanya apa? Yang satu kasar, yang satu nggak kasar, ya? Hahaha bukaan. RE kasar itu ditempelin sama ribosom, sedangkan RE halus itu tidak ditempelin ribosom. Fungsi mereka berdua juga berbeda-beda, nih! RE kasar lebih berperan dalam sintesis protein. Kalau RE halus lebih berfungsi di bagian sintesis lemak.

Setelah RE, ada yang namanya ribosom. Ribosom berperan dalam proses sintesis protein. Ribosom ini bentuknya kecil dan padat, serta merupakan tempat berlangsungnya sintesis protein dalam sebuah sel. Diameter ribosom hanya 20mm, 

Selanjutnya, ada yang namanya sentriol. Sentriol ini hanya ada di hewan dan manusia, ya! Jadi, tumbuhan tidak punya sentriol. Sentriol berfungsi untuk melakukan pembelahan sel pada sel-sel hewan.

Struktur sel selanjutnya bernama mitokondria. Mitokondria ini sering disebut sebagai house of power. Mitokondria disebut demikian karena fungsinya adalah sebagai tempat respirasi sel dan pembentukan energi. Mitokondria memiliki membran ganda. Membran ganda ini terdiri dari membran luar dan membran dalam. Mitokondria juga memiliki matriks dan lekukan. 

Bagian selanjutnya bernama badan golgi. Badan golgi adalah bagian sel yang memiliki fungsi sebagai tempat dilakukannya modifikasi protein. Modifikasi protein ini kemudian disintesis oleh ribosom dan kemudian diubah menjadi enzim, hormon, protein struktural, maupun organel baru. Selain hal-hal yang tadi disebutkan, badan golgi juga berfungsi untuk membentuk lisosom dan dinding sel. 

Setelah badan golgi, ada yang namanya lisosom. Lisosom ini adalah kantung kecil yang dibuat oleh badan golgi. Lisosom ini berfungsi dalam proses pencernaan intraseluler. Tidak hanya itu, lisosom juga bisa melakukan autolisis dan autofag. Wah, bedanya apa, tuh? Nih, autofagi adalah proses penghancuran organel yang rusak pada sebuah sel. Sedangkan autolisis merupakan proses kematian sel yang sudah terprogram sebelumnya. Ketika autolisis sedang terjadi, enzim lisosom keluar dan kemudian menyebar ke seluruh bagian sel. Kemudian sel tersebut mencerna dirinya sendiri lalu mati. Mau tau contohnya seperti apa? Contohnya adalah menyusutnya ekor kecebong ketika ia sudah tumbuh menjadi katak. 

Setelah lisosom, ada plastida. Plastida hanya ada pada tumbuhan dan dibagi menjadi 3, yaitu kloroplas, kromoplas, dan leukoplas. Fungsinya apa saja, ya? Kloroplas berfungsi untuk membantu fotosintesis, kromoplas untuk memberi warna bunga, sedangkan leukoplas untuk menyimpan cadangan makanan. 

Selain plastida, sel lain yang ada pada tumbuhan bernama vakuola. Vakuola berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan, sisa metabolisme, dan juga minyak atsiri. Hmm.. berarti vakuola ini nggak dimiliki oleh hewan ya? Vakuola pada sel hewan ukurannya kecil dan tidak semua hewan memilikinya. Oh iya, vakuola pada sel hewan terdiri dari vakuola kontraktil dan vakuola makanan yang memiliki fungsi berbeda-beda. Vakuola kontraktil berfungsi untuk mengatur tekanan osmotik air, sedangkan vakuola makanan berfungsi untuk pencernaan makanan. 

Bagian selanjutnya bernama badan mikro. Badan mikro terdiri dari glioksisom dan peroksisom. Hayo, kira-kira perannya mereka apa saja, sih? Glioksisom ini berperan untuk mengubah lemak menjadi gula. Kalau peroksisom ini berfungsi untuk menghasilkan enzim katalase yang mengubah H2O menjadi H2O dan O2. 

Bagian terakhir ini namanya sitoskeleton yang terdiri dari 2 bagian, yaitu mikrotubula dan mikrofilamen. Mikrotubula ini fungsinya untuk menggerakan organel, pembentukan silia, flagel, dan untuk mempertahankan bentuk sel. Kalau mikrofilamen, berperan dalam kontraksi otot dan juga untuk mempertahankan bentuk sel. 

SOAL LATIHAN

Pilihlah jawaban yang paling tepat

1. Ribosom di bentuk di …..
a. kromatin
b. histon
c. nukleus
d. nukleolus
e. badan golgi
2. Organel sel yang disebut “pusat pembangkit energi” adalah...
a. retikulum endoplasma
b. badan golgi
c. ribosom
d. lisosom
e. mitokondria
3. Molekul ATPase terdapat pada …..
a. membran luar mitokondria
b. inter membran mitokondria
c. matriks mitokondria
d. permukaan membran luar mitokondria
e. permukaan krista mitokondria

4.Cairan yang merendam organel dinamakan …..
a. tonoplasma
b. ektoplasma
c. endoplasma
d. sitosol
e. protoplasma

5. Bagian terkecil dari makhluk hidup dinamakan …..
a. sel
b. organel
c. nukleus
d. sitosol
e. protoplasma
6. Selaput tipis yang memisahkan sel dengan sel sebelahnya atau sel dengan sekitarnya dinamakan …..
a. dinding sel
b. membran sel
c. noktah
d. desmosom
e. nukleus
7.Bagian sel yang mengandung materi herediter, pusat genetika dan yang berhubungan dengan reproduksi sel dinamakan …..
a. nukleus
b. nukleolus
c. kariolimf
d. perinuclear sisterna
e. nuclear pores
8. Organel di dalam sel hewan maupun manusia yang terlibat langsung dalam sintesis enzim adalah …..
a. mitokondria
b. lisosom
c. retikulum endoplasma
d. kompleks golgi
e. ribosom
9. Organel berupa saluran halus dalam sitoplasma yang berbatasan dengan sistem membran dan erat kaitannya dengan sistem pengangkutan hasil sintesis protein adalah …..
a. ribosom
b. RE halus
c. RE kasar
d. plasmodesmata
e. badan golgi
10. Organel yang merupakan tempat berlangsungnya respirasi sel dinamakan …..
a. kromosom
b. nukleosom
c. peroksisom
d. mitokondria
e. mikro tubuli
11. Enzim-enzim pencernaan intrasel terdapat dalam organel …..
a. desmosom
b. sentrosom
c. kromosom
d. lisosom
e. diktiosom
12. Pasangan nama organel yang benar adalah …..
a. membran sel – respirasi
b. badan golgi – regulasi
c. nukleus – reproduksi
d. mitokondria – transportasi
e. retikulum – ekskresi

CATATAN ;

Tulis soal dan jawabannya di buku tulismu kemudian kumpulkan dalam bentuk file PDF.

Absen klik di sini

0 komentar:

Posting Komentar